Seorang User Quora Tewas Bunuh Diri Akibat Depresi

Kabar pilu datang dari seorang wanita cantik berinisial NW yang berusia 23 tahun. Dirinya ditemukan tewas bunuh diri tepat di samping makam ayahnya, polisi menduga bahwa korban bunuh diri karena depresi ditinggal oleh sang ayah.

Sebetulnya, hal yang jauh menyedihkan adalah cerita di balik motif bunuh diri mahasiswi Universitas Brawijaya itu. Walaupun kabar yang beredar di media menyebutkan bahwa motif bunuh diri NW karena ditinggal oleh sang ayah, tetapi kenyataannya jauh berbeda.

Wanita muda itu mengalami depresi yang berkelanjutan, dirinya didiagnosa mengalami depresi mayor. Depresi mayor adalah suatu gangguan kesehatan mental yang ditandai dengan suasana hati yang terus tertekan atau kehilangan minat dalam beraktivitas, menyebabkan penurunan yang signifikan dalam kualitas hidup sehari-hari.

Pada tahun 2017, dia mengalami pelecehan dari seniornya yang juga mahasiswa UB. NW melaporkan pelecehan tersebut ke pihak kampus, tetapi bukan keadilan yang dia dapat, melainkan malu. Kampusnya tidak menanggapi laporan dengan serius sampai membuat NW memutuskan cuti kuliah.

Kejadian itu sempat membuatnya trauma dengan laki-laki, sampai akhirnya dia bertemu seorang pria berinisial R yang menjadi mantan terakhirnya sekaligus orang yang paling dibenci olehnya.

Trending hari ini:  Mengenal Siapa itu Ivan Pavlov, Seorang Psikolog atau Fisiolog?

R telah membuat NW jatuh cinta, sosok R juga dianggap baik oleh keluarga wanita, bahkan almarhum ayah NW mempercayakan dia untuk menjaga anaknya.

Sosok pria yang dinilai sempurna ini ternyata membawa malapetaka. Menurut pengakuan NW, pria berinisial R ini telah memperkosa dirinya.

Kronologi pemerkosaan, dimulai dari R yang membawa pacarnya ini ke penginapan dan memaksa NW untuk meminum obat dan membuatnya tak sadarkan diri sampai dia diperkosa. Begitulah pengakuan NW.

Beberapa bulan kemudian NW mengetahui dirinya hamil dan bilang kepada R sekaligus meminta pertanggung jawaban darinya. Tak disangka, sang pria malah meminta NW untuk menggugurkan kandungan yang tak lain adalah darah daging mereka sendiri.

Tak puas dengan jawaban pacarnya, NW kemudian mengadu ke keluarga pelaku. Awalnya mereka setuju untuk bertanggung jawab tetapi belakangan mereka berubah pikiran. Di depan ibu NW, keluarga besar R bilang kalau anak mereka belum siap menikah karena R masih punya kakak yang masih melajang, karir R sebagai polisi juga masih merintis.

Singkat cerita, perlakuan keluarga R kepada korban kian memburuk, dirinya dipaksa untuk meminum pil dengan tujuan menggugurkan janin yang dikandungnya. Bukan hanya satu pill saja, ia dipaksa menelan enam pil sekaligus, beruntung NW tidak meninggal waktu itu.

Trending hari ini:  Kenapa Perjalanan Pulang Terasa Lebih Cepat Daripada Pergi?

Saya tidak bisa membayangkan perasaan sang ibu yang beberapa hari sebelumnya sedang mengelus-elus perut sambil berbicara kepada calon anaknya, kemudian dia dipaksa untuk membunuh bayinya itu.

Dari kejadian itu, depresi yang dialami NW kian memburuk, mentalnya tertekan, dia dibuang oleh mantan mertuanya bahkan saudaranya sendiri.

NW sudah mencoba untuk melaporkan ke kepolisian tapi tak dihiraukan, sebenernya apa fungsi polisi di negara kita ini?

Bayangkan saja, NW sampai memilih untuk tidak berbicara atau bahkan tidak sanggup untuk bicara sekalipun kepada ibunya sendiri.

Dia menceritakan beberapa kisahnya di forum Kuora yang kebetulan saya ada di dalamnya. Di dalam smartphone, dia hanya punya Quora dan Whatsapp saja sebagai media sosial, kemudian dia mulai bercerita tentang kesedihannya.

novi widyasari bunuh diri

Salah satunya adalah cerita dimana dia sejak pukul depan pagi sampai pukul lima sore diam termenung di depan makam ayahnya. Terbesit pikiran untuk bunuh diri saat itu juga, tapi malah hujan. Bahkan hujan deras sekalipun tak mampu menggesernya dari makam sang ayah, dia menangis di di bawah hujan, di atas gundukan tanah tempat ayahnya tidur untuk selamanya. Dia marah kenapa dunia begitu kejam padanya.

Trending hari ini:  Pilih Satu Orang di Pohon Ini dan Cari Tahu Bagaimana Kondisi Emosional Kamu

Dia bercerita bahwa kerabatnya mencaci maki dirinya, berharap dia cepat mati. Benar benar hidup yang berat.

Pengguna Quora yang membaca ceritanya pun beramai ramai memberikan dukungan, semangat untuk hidup dan apapun untuk membuatnya tidak bunuh diri.

NW banyak sekali bertanya tentang cara bunuh diri, bahkan dia menawarkan ginjalnya untuk didonorkan.

NW terakhir aktif di Quora pada hari Rabu, di hari Jumat NW sudah ditemukan tewas di samping makam ayah tercinta.

Kini tagar #SaveNoviaWidyasari menjadi trending karena netizen berharap untuk menemukan titik terang dari kasus ini.

Dengan cerita ini saya berharap bahwa pelaku dan keluarganya dapat diseret ke ranah hukum dan mendapat hukuman pidana. Saya juga berharap bahwa lain kali kita bisa lebih baik dalam memperlakukan manusia, khususnya mereka yang sedang depresi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *